BAHAYA TOMCAT / ROVE BEETLE

Serangga jenis Tomcat tiba-tiba menyerbu Surabaya, tepatnya di Apartemen East Coast, Pakuwon City Jalan Kejawan Putih. Serangga yang juga dikenal dengan sebutan kumbang Rove ini datang dengan jumlah yang diperkirakan mencapai jutaan.

Muncul pertama kali pada Selasa (13/3) pagi kemarin, Tomcat sudah memakan beberapa korban. Korban yang diserang Tomcat mengalami luka bentol, bengkak, dan luka merah yang bernanah bening. Pertama terkena serangan Tomcat, terasa panas dan seperti dibakar api.

Badan Pemeliharaan Lingkungan (BPL) Apartemen Pakuwon City memberikan pernyataan lain. Yakni Tomcat sudah muncul sejak dua minggu lalu. Meski sudah dilakukan penanganan seperti penyemprotan (fogging), Tomcat masih saja muncul kembali.

Cairan dari Tomcat yang mengandung racun inilah yang menyebabkan kulit menjadi seperti kena cacar air. Jika sudah terlanjur terkena racunnya, jangan digaruk ataupun dipencet dan segera pergi ke dokter. Tomcat tidak menggigit atau menyengat tapi cairan yang lengket di tubuhnya di kabarkan 10x lipat lebih berbisa dari bisa ular cobra.Lho kok blog ini membahas hewan dan penyakit? Saya rasa ini sangat penting karena telat penanganan bisa berakibat fatal, jadi gak ada salahnya saya tulis.


Hewan ini bisa hidup di alam bebas. Makanya jangan kaget ketika pulang ke rumah setelah naik motor, lalu terasa ada gejala dampa, barangkali sempat di senggol serangga ini.

kalo terkena dampa/herpes, bisa coba menggunakan salep ini di apotik terdekat.

Semoga bermanfaat.

Jangan lupa tinggalin comment di blog ini, thank’s !!!

5 responses to this post.

  1. Posted by aurel on March 17, 2012 at 4:19 pm

    namany keren kayak tom crus ato tom n jerry hehehe….
    segera d basmi semoga ga semakin meluas wabahny, amin

    Reply

  2. Posted by aldias on March 20, 2012 at 5:12 am

    Oke…

    Reply

  3. Posted by astrid mokoginta on March 20, 2012 at 5:26 am

    Eh saudara2 ada info baru nih *maaf bm ya🙂
    Baca dulu, penting. Terutama yang surabaya.
    1. Yang dapet info anti racun tomcat adalah acyclovir, itu salah.acyclovir itu adalah antiviral yang mana digunakan sebagai antivirus herpes. Apabila memakai acyclovir, bisa2 malah merusak dan meracuni dna anda sendiri. Belum lagi, bisa berbahaya bagi ibu hamil dan ibu menyusui

    2. Racun tomcat tidak menybabkan herpes. Hanya saja, memiliki gejala yang sama dengan herpes.

    3. Yang mendapat bm picture efek tomcat gambar tangan melepuh nanah besar semangkok. Itu asli herpes. Tomcat hanya membuat bintil2 kecil. Tpi tetap saja jangan digaruk.

    4. Racun tomcat bersifat asam. Jadi, first aid buat racun tomcat adalah sifat basa. Air sabun adalah yang paling mudah. Apabila anda tersentuh tomcat saat sedang ditempat yang tak ada air sabun, gunakan air liur anda. Karena air liur bersifat basa. Kemudian segera bawalah kedokter.

    5. Efek bintil2 tomcat muncul antara 24-36 jam. Efek paling pertama muncul adarah kulit memerah dan terasa panas. Pada saat anda merasakan itu, gunakan air liur atau air sabun tersebut.

    6. Tomcat tidak akan terrlalu berbahaya apabila kontaknya tak langsung, contoh : ia mengeluarkan cairan di handuk anda, dan anda memakainya. Maka anda akan terkena toksin tersebut. Namun tak separah kontak langsung. Jadi tetap tenang, jangan panik, gunakan first aid diatas dan segera ke dokter.

    7. Tomcat tak bisa terbang. Seringkali kita membaca diinternet bahwa tomcat memiliki sayap transparan yang keras dan bisa terbang. Sebetulnya tidak. Selain itu, gunakan air panas untuk membunuh tomcat saat dikamar mandi dengan cara disiram.

    Sampai saat ini baru itu info yang saya dapat. Semoga membantu. Monggo di broadcast. Kasihan orang yang parno. Saya sebetulnya juga dulu parno. Setelah mengetahui ini, setidaknya membuat pikiran saya lebih tenang. Indahnya berbagi.🙂

    Reply

  4. Thank’s infonya Astrid mokoginta, mungkin sampai saat ini ada beberapa versi bm yang beredar di luaran. Efek tomcat muncul sekitar 24-36 jam dan bisa di atasi dengan sesuatu yag bersifat basa.Saya tidak bisa menjawab ini benar apa salah, tapi sehubungan dengan korban yang meningkat di surabaya saya rasa sifat basa saja tidak bisa mengatasi efeknya. Logika nya dalam waktu paling lama 10-12 jam setiap orang sewajarnya sudah mandi minimal 1 kali. harusnya efek tomcat bisa d atasi dengan mandi kecuali mandi bebek hehehe….tapi saran terbaik tetap carilah dokter yg ahli. 🙂
    yang pernah ngalamin bisa bantu kasih info gak? moga saudara2 kita dapat solusi terbaik.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: